Implementasi Sistem Informasi Dalam Perusahaan Gojek
Nama :
Michael Elyon Fakultas
Ilmu Komputer
Nim :
41814010083 Universitas
Mercu Buana
Mata Kuliah :
Sistem Informasi Manajemen
Dosen Pengampu :
Prof. Dr. Hapzi, MM
Senin,
11 April 2017
Implementasi Sistem Informasi Dalam
Perusahaan Gojek
PT GO-JEK Indonesia adalah sebuah perusahaan
penyedia jasa layanan transpotasi yang menggunakan armada Ojek Motor yang
tersebar dihampir seluruh wilayah cakupan Indonesia.PT
GO-JEK Indonesia didirikan oleh Nadiem Makarim, ia lulus SMA di Singapura, dari
Singapura ia kemudian melanjutkan pendidikannya di jurusan International
Relations di Brown University.perusahaan ini didirikan pada tahun 2011. Kantor
pusat yang terletak di Jl. Kemang Timur No.15,
Mampang Prapatan.Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730. Seiring berkembang nya permintaan masyarat
terhadap layanan GO-JEK, kini GO-JEK mempunyai kantor cabang di setiap daerah
.PT GO-JEK Indonesia sudah mencapai 650.000 orang dengan pertumbuhan pengojek
mencapai 10.000 orang yang bergabung. Tidak hanya wilayah Jabodetabek, GO-JEK
sudah melebarkan sayapnya hingga ke Bali, Bandung, dan Surabaya.Fungsi kantor
pusat yaitu tempat dimana server dan peralatan dan juga karyawan operator
bekerja juga tempat penyimpanan server dari Go-jek Online dan juga tempat
dimana konsumen menyampaikan keluhan atas pelayanan yang berikan dan juga pusat
koordinasi antara pimpinan dengan tukang ojek.
Visi :“Membantu memperbaiki struktur transportasi di Indonesia, mmberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari seperti pengiriman dokumen, belanja harian, dengan menggunakan layanan fasilitas kurir, serta turut mensejahterakan kehidupan tukang ojek di Jakarta dan Indonesia kedepannya”
Misi :
- Menjadikan PT Go-Jek Indonesia sebagai jasa transportasi tercepat dalam melayani kebutuhan masyarakat Indonesia.
- Menjadikan PT Go-Jek Indonesia sebagai acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola struktur transportasi yang baik dengan menggunakan kemajuan teknologi.
- Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial.
- Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada pelanggan
- Go-Ride
Layanan transportasi sepeda motor
yang dapat mengantar Anda ke berbagai tempat, lebih mudah dan lebih cepat.
- Go-Car
Layanan transportasi menggunakan
mobil untuk mengantar Anda kemanapun dengan nyaman.
- Go-Food
Layanan pesan antar makanan nomor 1
di Indonesia. Go-Jek memiliki lebih dari 30.000 daftar restoran
Komponen
Sistem Informasi
- Perangkat Lunak : merupakan komponen yang memungkinkan hardware untuk memproses data melalui prosedur dan jaringan komunikasi yang sudah ditentukan.
Go-Jek menawarkan perangkat lunak
berupa aplikasi Android, IOS, dan juga Website. Sehingga user dapat terhubung
dan memanfaatkan sistem informasi yang ada.
- Perangkat Keras : merupakan piranti-piranti fisik dimana perangkat lunak berada.
Go-Jek menggunakan Smartphone
sebagai perangkat keras yang nantinya dipasang berupa aplikasi Go-Jek oleh
user.
- People : merupakan semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan, dan penggunaan data.
Dalam Go-Jek terdapat pihak-pihak
sebagai berikut : Programmer, System Analyst, Administrator Database,
Driver atau suksesor layanan lainnya, User / Penumpang, dan lain lain.
- Basisdata / Data : Komponen informasi yang disimpan secara sistematik, sehingga dapat digunakan untuk menunjang kegiatan perusahaan.
Pada Go-Jek antara lain adalah data
penumpang, data driver, koordinat lokasi, data Go-Pay, dan lain-lain.
- Jaringan Komputer : merupakan media yang menghubungkan seluruh komponen secara bersama.
Go-Jek menggunakan jaringan
internet, sehingga dapat menghubungkan pengguna atau klien dengan sistem
informasi mereka yang berbasis cloud.
- Prosedur : Sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan kesesuaian keluaran yang dikehendaki.
Hal-hal
yang menyangkut sistematika proses dalam aplikasi Go-Jek, seperti SOP
Pemesanan, SOP Pembayaran, SOP Rekruitmen, dan lain-lain
Sistem Informasi untuk Operasi Bisnis
- Transaction Processing Systems
Transaction processing systems (TPS) mencatat dan memproses data hasil dari transaksi bisnis, seperti penjualan, pembelian, dan perubahan persediaan. TPS menghasilkan berbagai informasi produk untuk penggunaan internal maupun eksternal. Sebagai contoh, TPS membuat pernyataan konsumen, cek gaji karyawan, kuitansi penjualan, order pembelian, formulir pajak dan rekening keuangan. TPS juga memperbaharui database yang digunakan perusahaan untuk diproses lebih lanjut oleh sistem informasi.
Analisa :
Sistem pembayaran Gojek masuk ke dalam Transaction Processing System, dimana sistem informasi berfungsi sebagai pengatur alur keluar masuknya transaksi yang terjadi di gojek. Transaksi disini termasuk dalam kalkulasi biaya perjalanan, penambahan gojek kredit apa bila pelanggan menambah jumlah depositnya dan juga pengurangan jumlah kredit karena digunakan untuk membayar layanan Gojek.
Book order juga termasuk TPS, didalamnya terdapat pengumpulan informasi dari user seperti penentuan lokasi awal dan tujun, dan form lainnya.
- Process Control Systems
Process control system (PCS) merupakan karakteristik dari sistem informasi yang menjaga proses kegiatan bisnis. Kegiatan bisnis yang berjalan harus seusai prosedur dan harus sesuai dengan langkah – langkah yang telah ditetapkan dari awal.
Analisa :
Semua proses pemesanan / booking merupakan bagian dari sistem informasi dimana langkah yang dilakukan bertahap sesuai dengan SOP yang telah ditentukan. Ini merupakan fungsi dari Process control system.
- Enterprise Collaboration System
Enterprise collaboration systems (ECS) adalah sistem informasi lintas fungsional untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi diantara anggota dari operasi bisnis. Sistem ini juga digunakan untuk keperluan koordinasi dan pertukaran informasi di internal perusahaan maupun dengan costumer.
Analisa :
Untuk memudahkan koordinasi dan pertukaran informasi pada internal perusahaan, Gojek menghubungkan seluruh cabang di berbagai daerah kedalam suatu jaringan. Sedangkan untuk menciptakan kenyamanan costumer sendiri, Gojek memberikan informasi mengenai driver atau suksesor layanan lainya, baik nama, foto, begitu pula sebaliknya, driver megetahui nama serta no HP costumer, sehingga costumer dan driver bisa berkomunikasi secara langsung.
Sistem Informasi untuk Pengambilan Keputusan Manajemen
- Management Information Systems
Management information systems (MIS) menyediakan laporan informasi bagi pihak manajemen. MIS dihasilkan dari data yang dihimpun dari operasi bisnis. MIS menyajikan informasi yang detail dan rangkuman informasi pilihan. MIS berguna untuk efisiensi operasional
Analisa :
Laporan data, Monitoring layanan dan Customer relationship management, adalah bentuk sistem informasi pada Go-Jek yang memudahkan pihak manajemen mendapatkan data khusus, misal statistik dan data pemesanan dan transaksi dari user, ataupun kinerja dari driver atau suksesor layanan lainnya.
- Decision Support Systems
Decision support systems (DSS) merupakan langkah selanjutnya dari MIS dan TPS. DSS adalah sistem informasi yang menggunakan model keputusan dan data khusus untuk membantu proses pengambilan keputusan bagi manajemen. Gunanya untuk mendukung pihak manajemen untuk memecahkan masalah tertentu dengan tepat.
Analisa :
Data khusus dalam sistem informasi yang didapat dari pengumpulan data sebelumnya menjadi acuan manajer Go-Jek sebagai bahan keputusan untuk memusatkan atau mengekspansi usaha, penentuan dan rekruitmen driver atau suksesor layanan baru, serta pengembangan layanan.
- Executive Information Systems
Executive information systems (EIS) adalah tipe sistem informasi yang sesuai untuk kebutuhan informasi bagi manajemen eksekutif. Tujuannya menyediakan dengan akses yang mudah dan cepat, tentang informasi selektif faktor-faktor kunci dalam menjalankan tujuan strategis perusahaan bagi manajemen eksekutif. Kemudian memberikan kebijakan perusahaan secara umum atau kebijakan yang diperuntukan pada level di bawah, yang kemudian akan di terjemahkan lebih spesifik oleh level di bawahnya dalam sistem informasi.
Analisa :
Dalam EIS, eksekutif Go-Jek memanfaatkan sistem informasi untuk menentukan kebijakan bagi peningkatan keseluruhan perusahaan, seperti Penawaran Saham Perdana atau IPO agar potensi pertumbuhan lebih cepat, menjalin kerjasama dengan perusahaan lainnya, serta menganalisa kompetitor dan membuat kebijakan agar dapat bersaing.
Teknologi Informasi yang digunakan
Dalam memberikan layanan, Go-Jek memanfaatkan teknologi informasi, antara lain :- Teknologi End User
- Aplikasi Smartphone Android
- Aplikasi Smartphone IOS
- Teknologi Database
- Cloud Computing
- Smartphone Storage
- API (application programming interface)
- Google Maps
- Google Place
- Transjakarta API
- Apotikantar API
- Payment
- Go-Pay (Online Credit)
- Customer Service
- Social Media
- Website
- Call Center
Keuntungannya
Perusahaan yang menerapkan sistem E-business tentunya akan lebih banyak
mendapatkan benefit dalam kegiatan operasinya. Secara garis besar selain dapat
mempermudah, sistem e-business di
perusahaan dapat memperpendek jarak, ekspansi,perluasan jaringan mitra bisnis,
efisien, revenue stream (Aliran
Pendapatan) baru yang lebih menjanjikan, meningkatkanmarket exposure
(Pangsa Pasar), menurunkan operational
cost (biaya operasional), Melebarkan jangkauan (GlobalReach), meningkatkan customer
loyalty, meningkatkan
supplier management, memperpendek
waktu produksi, meningkatkan value chain
(mata rantai pendapatan).
Pada Gambar diatas di jelaskan bahwa terdapat enam keuntungan bagi
perusahaan Go-Jek dengann penerapan e-business
di perusahaannya. Pertama adalah develop
new market & channels yaitu membangun market dan saluran distribusi
baru. Kedua adalah attract new customers yaitu
menarik customer baru agar mau
menggunakan layanan jasa yang disediakan perusahaan. Ketiga adalah increase loyal customer loyalty &
retention yaitu meningkatkan dan menjaga konsumen tetap yang menggunakan
jasa perussahaan. Melalui aplikasi dan layanan yang ada perusahaan dapat
menambah konsumen tetap dan menjaga hubungan baik dengan konsumen melalui
layanan customer car. Keempat adalah generate new revenue sources, dimana
pada saat diawal Go-Jek hanya menyediakan layanan seperti angkutan ojek pada
umumnya. Namun seiring berjalannya waktu Go-Jek juga menambah layanan jasa yang
lain seperti go-food dan shopping,
sehingga layanan tersebut kini menambah pemasukan baru bagi perusahaan. Kelima
adalahdevelop new web & application
based product adalah membangun sebuah produk atau jasa berbasis layaanan
web dan aplikasi. Go-Jek telah menjadi sebuah revolusi bagi layanan jasa
transportasi umum di Indonesia dengan membangun produk jasa application based yang dapat di akses
dari sebuah smartphone dengan
menggunakan layanan internet. Dan keenam adalahreduce costs of doing businessyaitu menekan biaya perusahaan.
Dengan sistem aplikasi yang telah dibangun tentunya Go-Jek dapat menekan biaya
yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Dengan adanya aplikasi tersebut
perusahaan telah menunjukkan bahwa Go-Jek bukanlah “mengelola bisnis” melainkan
sebuah “bisnis mengelola” yang dimaksudkan dalam hal ini adalah bisnis
mengelola sumber daya manusia.
Kekurangan
-
Server
Error
Pernah
mencoba memesan ojek online tapi tidak mendapat respon dari aplikasinya? Saya
pernah. Ketika mencoba memesan ojek via Go-Jek, aplikasi yang saya gunakan
tidak merespon, sehingga saya terpaksa menggunakan moda transportasi yang lain.
Konon ini disebabkan salah satunya oleh over load-nya server si aplikasi,
akibat tidak bisa menampung banyaknya user dan driver. Error ini juga pernah
saya alami ketika mencoba memasukkan kode referral serta menentukan lokasi
penjemputan.
-
Tantangan
bagi ojek konvensional
Ternyata
kehadiran Ojek Online ini tidak diterima dengan baik oleh semua pihak. Salah
satunya yang paling keras bersuara adalah para pengojek pangkalan yang sudah
biasa menjajakan jasanya secara konvensional. Selain di Jakarta, saya pernah
menggunakan jasa ojek online Go-Jek ini di Cikarang, Bogor dan Bandung. Dan di
tiga daerah tersebut beberapa pengemudinya meminta maaf karena tidak berani
menggunakan atribut (jaket dan helm) yang seharusnya merupakan identitas bagi
si pengemudi, dengan alasan masih riskan jika bertemu tukang ojek konvensional.
Beberapa spanduk yang menolak kehadiran ojek online ini, khususnya Go-Jek dan
Grab Bike, juga muncul di beberapa titik di kota Bandung dan Jakarta.
-
Tidak
bisa memilih driver
Di
aplikasi ojek online ini kita bisa melihat apakah ada ojek yang berada di
sekitar kita yang dapat menjemput kita dengan cepat jika order dilakukan. Tapi
sayangnya, kita tidak bisa memilih driver mana yang akan kita gunakan. Setelah
kita memesan, maka para driver akan "berebut" untuk mendapatkan order
tersebut. Saya pernah memesan ojek online di sebuah titik yang cukup strategis
di kota Jakarta, dan banyak pengemudi ojek online tersebut yang ada di sekitar
lokasi saya, yang saya perkirakan tidak akan mencapai 5 menit untuk dapat
menjemput saya. Akan tetapi yang mendapatkan order saya ternyata pengemudi yang
lokasinya tidak terlalu dekat, dan benar saja, saya harus menunggu hampir 15
menit sebelum akhirnya dijemput ojek ini. Hal ini juga menjadikan kita tidak
dapat memiliki tukang ojeg langganan.
-
Standar
Pelayanan yang sudah tidak lagi standar
Ini
saya rasakan di layanan Go-Jek. Ketika baru awal-awal beroperasi, setiap
pengemudi Go-Jek yang saya pesan selalu dengan sigap menawarkan masker dan
cover kepala sebagai bagian dari layanan ojek online ini. Tetapi belakangan ini
hal tersebut semakin langka, jangankan penutup kepala, masker saja kadang
mereka tidak tawarkan. Padahal di aplikasinya masih jelas tertulis bahwa hal
tersebut merupakan bagian dari layanan ojek online ini. Standard pelayanan di
aplikasi sudah tidak menjadi standar para pengemudinya di lapangan.
-
Tidak
bisa pindah tujuan
Ketika
kita sudah di atas motor tukang ojek online ini, maka kita akan diantarkan ke
titik lokasi sesuai yang kita pesan di aplikasinya. Kalau di tengah jalan ada
perubahan rencana atau panggilan mendadak, maka kita tidak bisa secara serta
merta meminta sang pengemudi untuk merubah arah tujuan.
Solusi
perbaikan sistem yang akan datang :
-
Membuat payung hukum yang independen
-
Adanya transparasi dalam setiap
pembuatan kebijakan dan sistem yang akan dibuat Memberikan kebijakan atau
peraturan yang wajar
-
Menghilangkan sistem suspend
-
Memberikan kebijakan tarif yang rasional
untuk pengendara Gojek seluruh Indonesia
-
Memperbaiki sistem agar lebih stabil dan
tidak gampang error
Referensi
Anonim.
(2017) "Diagram dan Analisa bagaimana go-jek berjalan". [Online]
diakses dari (https://gelegakzaki.wordpress.com/2016/11/27/diagram-dan-analisa-baimana-go-jek-berjalan/
pada tanggal 11 April 2017).
Anonim.
(2017) "Kekurangan dari ojek online". [Online] diakses dari (http://www.banyumurti.my.id/2015/09/7-kekurangan-dari-ojek-online.html
pada tanggal 11 April 2017).
Anonim.
(2017) "Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Informasi". [Online]
diakses dari (http://www.beritasatu.com/aktualitas/390164-pengendara-gojek-tuntut-perbaikan-sistem-dan-penghapusan-performa.html
pada tanggal 11 April 2017).
Harrah's Cherokee Casino & Hotel - MapyRO
BalasHapusHotel Location Map 부산광역 출장마사지 for Harrah's Cherokee 광주광역 출장안마 Casino & 청주 출장안마 Hotel in Cherokee, NC. Find reviews 파주 출장마사지 and discounts for 전라남도 출장마사지 AAA/AARP members, seniors,